January 15, 2016 -
My Task
No comments


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Inquiry
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Karangsari
Kelas / Semester : 5 / 2
Tema : 7. Sejarah Peradaban Indonesia
Sub tema : 1. Kerajaan Islam di Indonesia
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 hari (5x35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalamtindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
3.5.1 Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
4.5.1 Membaca cepat teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Matematika
1.2 Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator :
3.3.1 Menjelaskan prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
4.9.1 Mengidentifikasi jenis sudut.
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupansehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator :
3.5.1 Menyebutkan sifat-sifat magnet.
4.5.1 Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar masjid Agung Demak, siswa dapat mengidentifikasi jenis sudut dengan cermat.
2. Dengan membuat sketsa bangunan Masjid Agung Demak, siswa dapat menunjukkan jenis sudut dengan baik.
3. Dengan mengamati gambar masjid Agung Demak , siswa dapat mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dengan tepat.
4. Dengan melakukan percobaan menggambar sudut-sudut pada gambar masjid Agung Demak , siswa dapat menyebutkan benda benda berdasarkan macam sudut dengan teliti.
5. Dengan membaca teks bacaan yang berjudul Masjid Agug Demak , siswa menyimak cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti.
6. Dengan membaca teks bacaan yang berjudul Masjid Agug Demak, siswa berlatih membaca cepat teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan percaya diri.
7. Dengan membaca teks bacaan tentang magnet, siswa dapat membedakan jenis-jenis magnet berdasarkan bentuknya.
8. Melalui percobaan sederhana, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri magnet.
9. Melalui percobaan berulag-ulang, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat magnet.
10. Dengan melakukan percobaan kelompok sederhana, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
D. Materi Ajar
· Membaca cepat teks “Masjid Agung Demak”. (Buku siswa halaman 1)
· Teks bacaan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. (Buku siswa halaman 3)
· Penamaan dan Besar Sudut. (Buku siswa halaman 5)
· Macam-macam sudut. (Lampiran)
· Bentuk Magnet. (Buku siswa halaman 8)
· Jenis Magnet. (Buku siswa halaman 12)
· Sifat dan Ciri-Ciri Magnet. (Lampiran)
E. Pendekatan dan Model Pembelajaran
ü Pendekatan :Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
ü Model :Inquiry .
F. Media, alat dan sumber pembelajaran
1. Media :Teks narasi tentang Masjid Agung Demak, gambar sketsa Masjid Agung Demak, gambar kompas dan buku siswa.
2. Alat :Busur derajat, kompas, magnet batang, kaca dan paku.
3. Sumber :
Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Tema 7 : Sejarah Peradaban Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.(hal.4-17)
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Tema 7 : Sejarah Peradaban Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.(hal.4-17)
Husainah nsr. 2012. Jenis-Jenis Sudut. Jakarta. Online : http://blogmtkmengasyikan.blogspot.com/2012/02/jenis-jenis sudut_20.html
Rahmah. 2013. Magnet, sifat, bentuk, dan cara membuatnya.Tuban. Online :
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru mengkondisikan siswa untuk sikap sempurna berdo’a.
3. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
4. Melakukan presensi kelas.
5. Melakukan apersepsi kepada siswa”Anak-anak, apakah kalian sudah membaca cerita tentang Masjid Agung Demak? Apakah kalian tahu jenis sudut apa yang ada pada sketsa Masjid Agung Demak?”
6. Menanyakan kepada siswa”Anak-anak apakah kalian tahu apa itu magnet? Apa saja ciri dan sifat-sifat magnet ?”
7. Memberi motivasi kepada siswa dengan menyuruh siswa menyanyikan lagu Dari Sabang sampai Merauke bersama-sama.
8. Menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kerajaan-kerajaan yang sudah diketahui siswa. Apakah sudah pernah mengukur sudut yang ada pada gambar kerajaan yang ia baca belum.(menalar, menanya)
2. Guru menyuruh siswa menceritakan kerajaan yang telah ia ketahui.(mencoba, mengkomunikasikan)
3. Secara bergantian siswa membaca teks bacaan tentang Masjid Agung Demak yang disertai gambar dengan bantuan guru.(mengamati, mencoba)
4. Untuk lebih memahami bacaan, siswa menuliskan kata sulit disertai arti pada kolom yang telah disediakan guru.(mencoba)
5. Siswa membuat kesimpulan mengenai bacaan tentang Masjid Agung Demakyang telah dibaca.(mencoba)
6. Secara bergantian siswa maju kedepan kelas untuk membacakan kesimpulan yang telah dibuat.(mengkomunikasikan)
7. Selain membaca teks tentang Masjid Agung Demak, siswa juga mengamati gambar Masjid Agung Demak.(mengamati)
8. Siswa membuat sketsa Masjid Agung Demak dengan bantuan guru.(mencoba)
9. Siswa menemukan beberapa sudut yang ada pada sketsa Masjid Agung Demak.(mengamati, menalar)
10. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5 orang siswa.
11. Tiap kelompok menggambar 5 sudut pada kolom yang telah disediakan guru.(mencoba, mencari informasi)
12. Tiap kelompok memeriksa dan memberi tanggapan atas pekerjaan yang telah dikerjakan kelompok lain.(mengamati, menalar)
13. Dengan mengamati bacaan dan gambar Masjid Agung Demak, siswa bertanya kepada guru “Bagaimana menentukan arah kiblat dari Masjid Agung Demak?”.(mengamati, mencoba, mengumpulkan informasi)
14. Guru menjawab yaitu dengan menggunakan kompas, yang didalamnya terdapat magnet untuk menentukan arah mata angin. Guru menunjukkan asal-usul dan macam-macam magnet.
15. Siswa melakukan 4 percobaan untuk mengetahui ciri-ciri magnet.(mencoba)
16. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3 siswa.
17. Siswa mencari informasi bagaimana cara membuat magnet.(mengumpulkan informasi)
18. Siswa menuliskan hasil diskusi ke kolom yang telah disediakan guru.(mencoba)
19. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.(mengkomunikasikan)
20. Kelompok yang belum memperoleh giliran, diminta untuk memeriksa jawaban temannya.(menalar)
21. Guru memberikan kesepatan kepada siswa untuk
menanyakan hal yang belum jelas (menanya).
|
150 Menit
|
Penutup
|
1. Guru dengan siswa secara bersama melakukan icebreaking.(mencoba)
2. Guru memberi umpan balik materi yang telah dibahas.
3. Siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari dengan bantuan guru.
4. Guru memberi apresiasi kepada siswa atas kerja luar biasanya hari ini.
5. Guru memberikan tugas rumah bagi siswa.
6. Meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a penutupmenurut agama dan keyakinan masing-masing.
|
20 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Teliti, Cermat, Percaya Diri dan Rasa Ingin Tahu.
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan dan Tertulis.
c. Penilaian Ketrampilan : Unjuk Kerja.
2. Bentuk Penilaian
a. Penilaian Sikap : Lembar pengamatan sikap.
b. Penilaian Pengetahuan : Soal Essay dan skor.
c. Penilaian Keterampilan : Rubrik Menggambar Sketsa Masjid Agung Demak.
Semarang,________________2015
Mengetahui ,
Guru Kelas 5 Guru Praktikan,
( ___________________ ) Munika Santi S.
NIP. NIM. 1102414082
LAMPIRAN
0 comments:
Post a Comment