January 15, 2016

January 15, 2016 - No comments

RPP Model Role Playing

NASKAH PEMBUATAN VIDEO MODEL PEMBELAJARAN
KURTEKDIK, FIP, UNNES 2015


Satuan Pendidikan                : SD N Sekaran 02
Kelas/Semester                     : V/2
Tema                                      : 7. Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema                               : 3. Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam
Pembelajaran                        : 3
Alokasi Waktu                       : 1 hari (3x35 menit)

a.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalamtindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


b.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
1.2  Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5    Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5    Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5    Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator :
3.5.9   Menceritakan informasi dari teks cerita narasi tentang manfaat melestarikan peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.14 Melestarikan bukti-bukti peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.
PPKn
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.2  Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945.
3.5  Memahami nilai-nilai persatuan pada masa Islam.
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.

Indikator :
3.5.4 Menunjukkan contoh penghargaan yang diberikan pemerintah kepada tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang perilakunya mencerminkan perilaku persatuan.
4.5.2 Meneladani sikap tokoh dari kerajaan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Matematika
1.2  Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.

Indikator :
3.3.5 Mengetahui jenis-jenis sudut melalui pengamatan benda-benda sekitar.
4.9.5 Menunjukkan jenis-jenis sudut dari benda-benda sekitar.

c.       Tujuan Pembelajaran
1.      Menceritakan informasi dari teks cerita narasi tentang manfaat melestarikan peninggalan-peninggalan kerjaan Islam di Indonesia dengan percaya diri.
2.      Dengan mendiskusikan teks bacaan, siswa meneladani sikap-sikap tokoh-tokoh kerajaan Islam dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Dengan menuliskan contoh nyata sikap, siswa menunjukkan contoh penghargaan yang diberikan pemerintah kepada tokoh-tokoh kerjaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang perilakunya mencerminkan perilaku persatuan dengan percaya diri.
4.      Dengan berdiskusi dan menuliskan akibat-akibat jika tidak menjaga benda-benda peninggalan sejarah, siswa melestarikan bukti-bukti peninggalan kerjaan Islam di Indonesia.

d.      Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
·         Buku, teks bacaan tentang menghargai jasa kepahlawanan, teks bacaan tentang sikap-sikap kepahlawanan, teks bacaan manfaat dari menjaga benda-benda bersejarah, dan gambar benda-benda peninggalan bersejarah.

e.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran (rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
·         Pendekatan    : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
  mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
·         Model             : Role Playing
·         Metode           : Diskusi, Tanya jawab

f.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
·         Gambar : Benda-benda peninggalan sejarah.

2.      Alat/Bahan
·         Busur
·         Properti untuk bermain peran

3.      Sumber Belajar
·         Buku :
-          Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Tema 7 : Sejarah Peradaban Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.(hal.127-131).
-          Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Tema 7 : Sejarah Peradaban Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.(hal.111-115).
-          Ajim, N. 2015. Cara Merawat Benda Peninggalan Sejarah. Diunduh dari http://www.mikirbae.com/2015/01/cara-merawat-benda-peninggalan-sejarah.html, pada tanggal 11 Desember 2015.


                                                








g.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1
No
Kegiatan
Sintak
Role Playing
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
Penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai.

1.     Guru membuka pelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.

2.     Guru mengkondisikan siswa untuk sikap sempurna berdo’a.



3.     Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.

4.     Melakukan presensi kelas.


5.     Melakukan apersepsi kepada siswa ”Anak-anak, apakah kalian sudah mengetahui benda-benda peninggalan sejarah Indonesia? Apakah kalian tahu manfaat dari menjaga benda-benda peninggalan sejarah?”

6.     Menanyakan kepada siswa ”Anak-anak apakah kalian sudah pernah membaca kisah kepahlawanan? Bagaimanakah sikap-sikap para pahlawan Indonesia?”

7.     Memberi motivasi kepada siswa dengan menyuruh siswa menyanyikan lagu Indonesia Pusaka bersama-sama.

8.     Menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.

1.      Siswa menjawab salam dari guru.





2.      Siswa mengkondisikan diri mereka sendiri untuk memulai berdo’a.

3.      Ketua kelas memulai memimpin doa.


4.      Siswa mengkondisikan dirinya sendiri.

5.      Siswa menanggapi apersepsi dari guru.










6.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru.






7.      Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.



8.      Siswa mendengarkana dengan seksama apa yang sedang dijelaskan oleh guru mengenai materi yang akan mereka pelajari.


10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Persiapan skenario yang akan ditampilkan.
























































2.      Pembentukan kelompok.




















3.      Melakonkan skenario yang telah ditampilakan.



4.      Mengamaati skenario yang sedang diperagakan.




5.      Membahas penampilan masing-masing kelompok.

6.      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulan.

7.      Pemberian kesimpulan secara umum.

1.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Guru meminta siswa untuk membaca bacaan manfaat dari menjaga dan merawat benda-benda peninggalan sejarah.



2.      Guru meminta siswa untuk mendiskusikan  dengan teman sebangku akibat dari tidak menjaga dan merawat benda-benda peninggalan sejarah.



3.      Guru meminta siswa untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas.



4.      Guru bertanya kepada siswa apakah sudah pernah melihat benda-benda peninggalan sejarah. Apakah sudah pernah mengukur sudut yang ada pada gambar benda-benda peninggalan sejarah.

5.      Guru memberikan gambar benda-benda peninggalan sejarah kepada siswa.


6.      Guru menyuruh siswa untuk mengukur dan menentukan jenis sudut pada gambar benda-benda peninggalan sejarah yang ada pada buku. (mencoba)

7.      Guru bertanya kepada siswa cara menghargai jasa-jasa para pahlawan.

8.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok maksimal terdiri dari lima siswa.

9.      Guru meminta perwakilan tiap kelompok untuk maju mengambil undian.

10.  Guru memberikan waktu kepada tiap kelompok untuk mempersiapkan penampilan kelompok mereka masing-masing.





11.  Guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil drama mereka.




12.  Guru meminta kepada kelompok siswa lain yang belum maju untuk mengamati kelompok yang sedang melakonkan skenario.





13.  Guru memberikan lembar penilaian kepada siswa dan meminta untuk memberikan penilain kepada kelompok yang sedang tampil di depan.

14.  Guru meminta siswa untuk mengumpulkan lembar penilaian.







15.  Guru memberi umpan balik materi yang telah dibahas.

1.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)
2.      Siswa membaca bacaan tentang manfaat menjaga dan merawat benda-benda peninggalan sejarah (mengumpulkan informasi)

3.      Siswa berdiskusi dengan teman sebangku. (menalar, mengkomunikasikan)




4.      Siswa menyampaikan hasil diskusi. (mengamati, mengkomunikasikan)

5.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)






6.      Siswa mengamati gambar benda-benda peninggalan sejarah. (mengamati)

7.      Siswa mengukur dan menentukan jenis sudut yang ada pada gambar. (mengamati, mencoba)



8.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)

9.      Siswa berkumpul sesuai dengan kelompok masing-masing.



10.  Ketua kelompok mengambil undian.



11.  Masing-masing kelompok mendiskusikan dan mempersiapkan skenerio yang akan mereka tampilkan. (menanya, mengkomunikasikan, menalar)



12.  Tiap kelompok secara bergantian menampilkan skenario masing-masing di depan kelas. (mencoba, mengkomunikasikan)

13.  Kelompok yang belum maju, mengamati penampilan kelompok yang sedang tampil di depan kelas. (mengamati, mengumpulkan informasi)

14.  Kelompok yang belum maju, menilai penampilan kelompok yang sedang tampil di depan kelas.



15.  Siswa mengumpulakan lembar penilaian.






16.  Siswa memberikan tanggapan kepada guru. (menalar, menanya, mengkomunikasikan)

80 menit
3.
Penutup
Evaluasi
1.  Guru dengan siswa secara bersama melakukan ice breaking.

2.  Guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari dengan bantuan guru.

3.  Guru memberi apresiasi kepada siswa atas kerja luar biasanya hari ini.


4.  Meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a penutup menurut agama dan keyakinan masing-masing.

1.      Siswa melakukan ice breaking bersama-sama. (mencoba)
2.      Siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari dengan bantuan guru.

3.      Siswa meresapi dan mendalami materi yang telah dipelajari hari ini.

4.      Ketua kelas memimpin do’a.

15 menit


h.      Penilaian
Lampiran penilaian sikap spiritual, sosial, pengetahuan, keterampilan:
1.      Teknik Penilaian                     :
a.       Penilaian Sikap                    : Teliti, Cermat, Percaya Diri, dan Rasa Ingin  Tahu.
b.      Penilaian Pengetahuan       : Tes Lisan dan Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan      : Bermain Drama

2.      Bentuk Penilaian                     :
a.       Penilaian Sikap                      : Lembar pengamatan sikap.
b.      Penilaian Pengetahuan         : Tes tertulis dan lisan.
c.       Penilaian Keterampilan        : Lembar pengamatan keterampilan.

       

Semarang,________________2015

Mengetahui ,  
Guru Kelas 5                                                                            Mahasiswa Praktikan,


___________________                                                                  Munika Santi Saputri

NIP.                                                                                                      NIM. 1102414082

0 comments:

Post a Comment