January 15, 2016 -
My Task
No comments


RPP Model Role Playing
NASKAH
PEMBUATAN VIDEO MODEL PEMBELAJARAN
KURTEKDIK,
FIP, UNNES 2015
Satuan Pendidikan :
SD N Sekaran 02
Kelas/Semester : V/2
Tema : 7.
Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema : 3. Melestarikan
Peninggalan Kerajaan Islam
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 hari (3x35 menit)
a. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalamtindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
b. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan
lingkungan alam.
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan
cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5
Menggali informasi dari teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5
Mengolah dan menyajikan teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
Indikator :
3.5.9
Menceritakan informasi dari teks cerita narasi tentang manfaat
melestarikan peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.14 Melestarikan bukti-bukti peninggalan kerajaan
Islam di Indonesia.
PPKn
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa.
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan
kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam
kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945.
3.5 Memahami nilai-nilai persatuan pada masa
Islam.
4.5
Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator :
3.5.4
Menunjukkan contoh penghargaan yang diberikan pemerintah kepada tokoh-tokoh
kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang perilakunya mencerminkan
perilaku persatuan.
4.5.2
Meneladani sikap tokoh dari kerajaan Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Matematika
1.2 Menghargai
nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,disiplin waktu, tidak
mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur
derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator :
3.3.5
Mengetahui jenis-jenis sudut melalui pengamatan benda-benda sekitar.
4.9.5
Menunjukkan jenis-jenis sudut dari benda-benda sekitar.
c. Tujuan
Pembelajaran
1. Menceritakan
informasi dari teks cerita narasi tentang manfaat melestarikan
peninggalan-peninggalan kerjaan Islam di Indonesia dengan percaya diri.
2. Dengan
mendiskusikan teks bacaan, siswa meneladani sikap-sikap tokoh-tokoh kerajaan
Islam dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan
menuliskan contoh nyata sikap, siswa menunjukkan contoh penghargaan yang
diberikan pemerintah kepada tokoh-tokoh kerjaan Islam di berbagai daerah di
Indonesia yang perilakunya mencerminkan perilaku persatuan dengan percaya diri.
4. Dengan
berdiskusi dan menuliskan akibat-akibat jika tidak menjaga benda-benda
peninggalan sejarah, siswa melestarikan bukti-bukti peninggalan kerjaan Islam
di Indonesia.
d. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
·
Buku, teks bacaan tentang menghargai jasa kepahlawanan, teks bacaan
tentang sikap-sikap kepahlawanan, teks bacaan manfaat dari menjaga benda-benda
bersejarah, dan gambar benda-benda peninggalan bersejarah.
e. Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran (rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
·
Pendekatan : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi,
mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
·
Model : Role Playing
·
Metode : Diskusi, Tanya
jawab
f.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
·
Gambar : Benda-benda peninggalan sejarah.
2. Alat/Bahan
·
Busur
·
Properti untuk bermain peran
3. Sumber
Belajar
·
Buku :
-
Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Tema 7 : Sejarah Peradaban
Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudyaan.(hal.127-131).
-
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Tema 7 : Sejarah Peradaban
Indonesia Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudyaan.(hal.111-115).
-
Ajim, N. 2015. Cara Merawat Benda Peninggalan Sejarah.
Diunduh dari http://www.mikirbae.com/2015/01/cara-merawat-benda-peninggalan-sejarah.html, pada
tanggal 11 Desember 2015.
g. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Sintak
Role Playing
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Penjelasan
tentang kompetensi yang ingin dicapai.
|
1. Guru membuka pelajaran diawali dengan salam,
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru mengkondisikan
siswa untuk sikap sempurna berdo’a.
3. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
4. Melakukan presensi
kelas.
5. Melakukan apersepsi kepada siswa ”Anak-anak, apakah kalian sudah mengetahui benda-benda
peninggalan sejarah Indonesia? Apakah kalian tahu manfaat dari menjaga benda-benda peninggalan sejarah?”
6. Menanyakan kepada siswa ”Anak-anak apakah kalian sudah pernah
membaca kisah kepahlawanan? Bagaimanakah sikap-sikap para pahlawan Indonesia?”
7. Memberi motivasi kepada siswa dengan
menyuruh siswa menyanyikan lagu Indonesia Pusaka bersama-sama.
8. Menyampaikan tema, subtema dan tujuan
pembelajaran yang akan disampaikan.
|
1.
Siswa menjawab salam dari guru.
2.
Siswa mengkondisikan diri mereka sendiri untuk memulai berdo’a.
3.
Ketua kelas memulai memimpin doa.
4.
Siswa mengkondisikan dirinya sendiri.
5.
Siswa menanggapi apersepsi dari guru.
6.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
7.
Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.
8.
Siswa mendengarkana dengan seksama apa yang sedang dijelaskan oleh
guru mengenai materi yang akan mereka pelajari.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Persiapan skenario yang akan ditampilkan.
2.
Pembentukan kelompok.
3.
Melakonkan skenario yang telah ditampilakan.
4.
Mengamaati skenario yang sedang diperagakan.
5.
Membahas penampilan masing-masing kelompok.
6.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulan.
7.
Pemberian kesimpulan secara umum.
|
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Guru meminta siswa untuk
membaca bacaan manfaat dari menjaga dan merawat benda-benda peninggalan
sejarah.
2.
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan dengan teman sebangku akibat dari tidak
menjaga dan merawat benda-benda peninggalan sejarah.
3.
Guru meminta siswa untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas.
4. Guru bertanya kepada
siswa apakah sudah pernah melihat benda-benda peninggalan sejarah. Apakah sudah pernah mengukur
sudut yang ada pada gambar benda-benda peninggalan sejarah.
5. Guru memberikan
gambar benda-benda peninggalan sejarah kepada siswa.
6. Guru menyuruh siswa untuk
mengukur dan menentukan jenis sudut pada gambar benda-benda peninggalan
sejarah yang ada pada buku. (mencoba)
7.
Guru bertanya kepada
siswa cara menghargai jasa-jasa para pahlawan.
8.
Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok maksimal terdiri dari lima
siswa.
9.
Guru meminta perwakilan
tiap kelompok untuk maju mengambil undian.
10. Guru memberikan waktu kepada tiap kelompok untuk mempersiapkan
penampilan kelompok mereka masing-masing.
11. Guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil
drama mereka.
12. Guru meminta kepada kelompok siswa lain yang belum maju untuk mengamati
kelompok yang sedang melakonkan skenario.
13. Guru memberikan lembar penilaian kepada siswa dan meminta untuk memberikan
penilain kepada kelompok yang sedang tampil di depan.
14. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan lembar penilaian.
15. Guru memberi umpan balik materi yang telah dibahas.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)
2.
Siswa membaca bacaan tentang manfaat menjaga dan merawat benda-benda
peninggalan sejarah (mengumpulkan informasi)
3.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku. (menalar, mengkomunikasikan)
4.
Siswa menyampaikan hasil diskusi. (mengamati, mengkomunikasikan)
5.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)
6.
Siswa mengamati gambar benda-benda peninggalan sejarah. (mengamati)
7.
Siswa mengukur dan menentukan jenis sudut yang ada pada gambar.
(mengamati, mencoba)
8.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru. (menalar, menanya)
9.
Siswa berkumpul sesuai dengan kelompok masing-masing.
10. Ketua kelompok mengambil undian.
11. Masing-masing kelompok
mendiskusikan dan mempersiapkan skenerio yang akan mereka tampilkan.
(menanya, mengkomunikasikan, menalar)
12. Tiap kelompok secara bergantian
menampilkan skenario masing-masing di depan kelas. (mencoba,
mengkomunikasikan)
13. Kelompok yang belum maju,
mengamati penampilan kelompok yang sedang tampil di depan kelas. (mengamati,
mengumpulkan informasi)
14. Kelompok yang belum maju, menilai
penampilan kelompok yang sedang tampil di depan kelas.
15. Siswa mengumpulakan lembar
penilaian.
16. Siswa memberikan tanggapan kepada
guru. (menalar, menanya, mengkomunikasikan)
|
80 menit
|
3.
|
Penutup
|
Evaluasi
|
1.
Guru dengan siswa secara bersama melakukan ice breaking.
2.
Guru meminta
siswa untuk membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari dengan bantuan guru.
3.
Guru memberi apresiasi kepada siswa atas kerja luar biasanya hari
ini.
4.
Meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a penutup menurut agama
dan keyakinan masing-masing.
|
1.
Siswa melakukan ice breaking
bersama-sama. (mencoba)
2.
Siswa membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari dengan bantuan guru.
3.
Siswa meresapi dan mendalami materi yang telah dipelajari hari ini.
4.
Ketua kelas memimpin do’a.
|
15 menit
|
h. Penilaian
Lampiran penilaian sikap spiritual,
sosial, pengetahuan, keterampilan:
1. Teknik Penilaian :
a.
Penilaian Sikap :
Teliti, Cermat, Percaya Diri, dan Rasa Ingin Tahu.
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes
Lisan dan Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Bermain Drama
2. Bentuk
Penilaian :
a. Penilaian Sikap : Lembar pengamatan sikap.
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis dan
lisan.
c. Penilaian
Keterampilan : Lembar pengamatan
keterampilan.
Semarang,________________2015
Mengetahui ,
Guru Kelas 5 Mahasiswa Praktikan,
___________________ Munika Santi Saputri
NIP. NIM. 1102414082
0 comments:
Post a Comment